satu tahun itu 365 hari

“ jika kau ingin tahu makna satu tahun, maka tanyakanlah pada mahasiswa yang pernah gagal pada SPMB”

Mungkin itu ungkapan yang sering kita dengar untuk memberikan gambaran tentang makna waktu. Namun sekarang, saya akan mengajak untuk melihat persepsi lain tentang makna satu tahun.

Alkisah seorang gadis, sebut saja namanya Tika, lulusan fakultas psikologi sebuah universitas ternama di Yogyakarta. Seorang calon psikolog (insya Allah), spesialisasi dalam bidang alat ukur psikologis, observasinya dalam, analisisnya tajam, peka perasaannya dan teliti pekerjaannya, perfeksionis orangnya.

Namun dia mengambil keputusan untuk memaknai satu tahunnya dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang. Memaknai setahunnya dengan sebuah pengabdian pendidikan.

Di sebuah daerah yang jauh dari keramaian, di salah satu daerah berikut, Majene (sulawesi barat), tulang bawang (lampung), bengkalis (riau), passer (kalimantan timur), halmahera selatan (maluku utara) dia akan ”dibuang”. Tempat dia akan menghabiskan satu tahunnya dengan penuh makna, penuh kontribusi nyata membangun masyarakat melalui pendidikan. Daerah ini baru bisa dicapai setelah berjam-jam perjalanan dari bandara terdekat, dan entah ada sinyal ponsel atau tidak.

Satu tahun adalah pengabdian, satu tahun adalah perubahan, satu tahun adalah investasi, satu tahun adalah perjuangan. One year for change…

Dan saya di sini, hanya bisa melepas keberangkatannya dengan sebuah makan siang di Bakso Kepala Sapi, diiringi heavy rain full of thunderstorm, semoga hujan itu adalah rahmat Allah akan sebuah perpisahan sementara dua orang sahabat. Dan saya di sini, dengan sebuah azzam yang kiat kuat menancap, ada janji dalam yang akan kutepati, bahwa akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak akan kalah darinya. Setahunku kedepan juga akan penuh dengan pengabdian, keikhlasan, kontribusi dan perjuangan. Agar nanti, di bulan November 2011 kita bisa bertemu dengan kepala terangkat, dengan kemenangan perlombaan kita, perlombaan siapa yang paling banyak melakukan kerja nyata selama satu tahun terakhir.

Paling tidak, kita memulainya dengan start yang sama ”pengabdian pendidikan untuk masyarakat yang kesulitan mengakses pendidikan berkualitas”. Kita lihat setahun lagi, siapa yang pencapaiannya paling banyak!!!

satu tahun?? siapa takut!!

EDUCATION FOR A BETTER FUTURE

Markas Besar Rumah Juara Semarang, 21 September 2010

Dedicated for my best friend, best partner ‘n best sister,  Tika Dewi Listiarini S.Psi.

8 thoughts on “satu tahun itu 365 hari

  1. PERTAMAX gan!

    Wah, hebat juga tuh si Tika!
    dia ikut Indonesia Mengajar y?

    keren2x….

    *salute deh buat temen2 yg konsen di bidang pendidikan…

  2. Ketika mendengar kisah tentang kompetisi jadi teringat sahabatku yang akan menikah minggu ini, hehe

  3. hmmm setahunjadi lebih bermakna ketika kita memberikan satu target yang nyata. Semoga Allah memberikan hikmah yang terbaik selama setahun yang akan datang. Dan setahun yang telah lewat hanya menjdai kenangan dan tak mungkin diulang…Trus Tika ditempatkan dimana?

  4. @panji : salut juga bagi para pejuang ekonomi syari’ah. do’akan kami!! memegang amanah menjaga para pemimpin masa depan itu..

    @@ifa : setahun itu cuma 365 hari kok fa… mbak tika bakal balik kok november 2011. ayo,di saat itu, tunjukkan pada mb tik, ifa udah bisa jadi apa!!

    @yohanes : tetep semangat juga!!!

    @bintang : jangan bilang ikut kompetisi dulu-duluan nikah, dan anda pemenangnya bukan??

    @erli : yuuukk… mari kita lihat, setahun lagi apa yang sudah kita lakukan…
    belum penempatan tuh, tapi kyny g mungkin penempatan di jogja (kalo nia sih masih mungkin… hahaha… *ngarep mode on*

  5. SWM seeks female accomplice SWM seeking female friendship initially, then see where it takes us. Race usually do not mr, no older than x please. I’ll keep it shorter your pic may get mine! Write female in the subject please thus i jewish dating services know over 50 singles your genuine. Naughty teens ready adult classified Naughty teens ready adult classified Sangbamni, Satne-hurit, Zbaras someone to fuck wants sex date

  6. Author This film has so many brilliant setups/payoffs it’s crazy. Outside of the family story, my favorite has to be the Johnny B Goode setup. The kid who fails the dance audition creates a paradox: Did Marty influence Chuck Berry or did Chuck Berry influence him (and Rock ‘n’ Roll, for that matter).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s