Saya dan Elinor Dashwood

Banyak yang bertanya pada saya mengenai profil picture di Facebook. Ada yang mengira itu foto ibu saya atau embah saya. Gimana ceritanya, emaknya  Emma Thompson bisa punya anak yang mukanya kaya saya.

Baiklah, sedikit saya ingin bercerita mengenai profil picture saya itu, dan kenapa saya merasa mirip dengannya (secara garis hidup bukan mukanya..). dia adalah Emma Thompson yang memerankan Elinor Dashwood. Bukan emma Thompson yang saya merasa senasib, namun pada tokoh Elinor Dashwood, dia adalah salah satu tokoh fiktif yang ada di novel Sense and Sensibility karya Jane Austen.

Elinor Dashwood adalah anak perempuan tertua dari 3 bersaudara perempuan keluarga Dashwood. Sebenarnya ada lagi kakak tiri laki-lakinya, tapi cenderung tidak dekat karena beda ibu. Saya merasa senasib dengannya karena saya juga adalah anak tertua dari 3 bersaudara perempuan. Ayah Elinor (Mr. Dashwood) sudah meninggal, begitu juga dengan bapak saya. Kondisi keluarga yang nyaris sama dengan elinor, tinggal dengan seorang ibu dan 2 orang adiknya.

Sampai di situ mungkin persamaan saya dengan Elinor, tapi dari hal tersebut saya jadi belajar menyikapi hidup dari kebijaksanaan Elinor. Tentang bagaimana menjadi anak perempuan tertua yang mau tidak mau harus mengambil alih sebagian tanggung jawab memperhatikan keluarganya. Setelah Ayahnya meninggal, bukannya Elinor tidak sedih, tapi dia berusaha “menyelesaikan” semua perasaan itu secepat mungkin agar stabilitas keluarganya bisa kembali seperti sedia kala. Hidup harus terus berlanjut, yang sudah pergi cukup didoakan saja, tidak perlu diratapi.

Untuk urusan kisah cinta, Elinor happily ever after (seperti semua ending novel Jane Austen yang lain) bersama Edward Ferrars. Saya tidak berani berbicara banyak tentang kemiripan dengan Elinor dalam hal kisah cinta, karena memang “bab kisah cinta” itu belum dimulai dalam hidup saya. Belum ada tokoh Edward Ferrars yg muncul dalam novel hidup saya. Tapi pastinya, siapapun “dia” nanti perjuangan tidak akan berakhir setelah menemukan si Edward Ferrars, karena there is no happily ever after, kecuali di surgaNya yang abadi nanti, amin.

5 thoughts on “Saya dan Elinor Dashwood

  1. ditunggu loh mbak.. semoga segera dimulai bab kisah cintanya dengan bertemu edward ferrars yang dinantikan… ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s